PROFIL KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KAB. KAMPAR

A. KEDUDUKAN

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar adalah salah satu instansi vertical yang berada di tingkat Kabupaten dan merupakan perpanjangan tangan Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Riau, yang memiliki kewenangan menyelenggarakan sebagian tugas umum pemerintahan dan pembangunan di bidang Agama di Tingkat Kabupaten dan bertanggung jawab kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Riau.

Dalam melaksanakan tugasnya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar menjabarkan kebijakan-kebijakan pemerintah dalam hal ini Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Riau serta memperhatikan Kebijakan-kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar.

Dalam sejarah singkatnya Kementerian agama kabupaten Kampar berkedudukan di Pekanbaru. Pekanbaru sebelum tahun 1967 menjadi Ibukota tiga Kepala Pemerintahan, yaitu Ibukota Propinsi Riau, Ibukota Pekanbaru, dan Kabupaten Kampar. Jadi ketika itu Bupati Kampar berkedudukan di Pekanbaru, begitu juga dinas / Instansi berkantor di Pekanbaru termasuk Kantor Kementerian Agama Kampar. Namun pada tahun 1967 Instansi Pemerintahan Kabupaten Kampar pindah ke Bangkinang, termasuk Kantor Kementerian Agama yang terdiri dari beberapa Inspeksi yang belum menyatu, yaitu Inpeksi Urusan Agama Kabupatem Kampar, Inpeksi Pendidikan Agama Kabupaten Kampar, dan Inpeksi Penerangan Agama Kabupaten Kampar.

Kemudian, pada tahun 1975 Inspeksi disatukan menjadi Kantor Perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Kampar, berdasarkan KMA no. 18 tahun 1975 yang dilengkapi dengan Seksi Urusan Agama Islam, Seksi Pendididkan Agama Islam, dan Seksi Penerangan Agama Islam.

Kementerian Agama Kabupaten Kampar terus berkembangan dengan pesat, pada saat ini Kankemenag Kampar dipimpin oleh Drs H Fairus MA yang memiliki 20 Kantor Urusan Agama (KUA), Kecamatan Bangkinang, Kec. Kuok, Kec. XIII Koto Kampar, Tambang, Siak Hulu, Kampar, Kampar Kiri, Kampar Kiri Hulu, Kampar Kiri Hilir, Tapung, Tapung Hulu, Tapung Kiri, Bangkinang, Kec. Salo, Kampar Timur, Gunung Sahilan, Kampar Utara, Rumbio Jaya, Perhentian Raja, dan Kampar Kiri Tengah.

Berdasarkan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 1 Tahun 2010 terjadi perubahan penyebutan nama dari Departemen Agama menjadi Kementerian Agama yang diikuti perubahan semua penggunaan atribut seperti logo, badge, kop surat, stempel.

Alamat Kantor :

Jalan D.I. Panjaitan Telepon (0762) 20256- 20228 Faxmile (0762) 20228 Bangkinang 28412

B. TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Tugas pokok Kementerian Agama Republik Indonesia adalah membantu pemerintah dalam menyelenggarakan sebagian tugas umum pemerintahan dan pembangunan di bidang keagamaan. Sedangkan tugas Pokok Kantor Kementerian Agama berkedudukan di kabupaten/kota, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama. Kantor Kementerian Agama mempunyai tugas melaksanakan tugas dan fungsi Kementerian Agama dalam wilayah kabupaten/kota berdasarkan kebijakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :

  1. perumusan dan penetapan visi, misi, dan kebijakan teknis di bidang pelayanan dan bimbingan kehidupan beragama kepada masyarakat di kabupaten Kampar
  2. pelayanan, bimbingan dan pembinaan di bidang haji dan umrah;
  3. pelayanan, bimbingan, dan pembinaan di bidang pendidikan madrasah, pendidikan agama dan keagamaan;
  4. pembinaan kerukunan umat beragama;
  5. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang pengelolaan administrasi dan informasi;
  6. pengkoordinasian perencanaan, pengendalian, pengawasan, dan evaluasi program; dan
  7. pelaksanaan hubungan dengan pemerintah daerah, instansi terkait, dan lembaga masyarakat dalam rangka pelaksanaan tugas kementerian di kabupaten Kampar

 

C. STRUKTUR ORGANISASI.

Struktur organisasi dan tata kerja Kantor Kementerian Agama Berdasarkan PMA No. 13 Tahun 2002 tentang organisasi dan tata kerja instansi vertikal kementerian agama Terdiri dari :

  • Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar 1 Orang
  • Subbag Tata Usaha 1 Orang

Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan koordinasi perumusan kebijakan teknis dan perencanaan, pelaksanaan Pelayanan dan pembinaan administrasi, keuangan dan barang milik negara di lingkungan Kantor Kementerian Agama.

  • Seksi Pendidikan Madrasah 1 Orang

Seksi Pendidikan Madrasah mempunyai tugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pembinaan, serta pengelolaan data dan informasi di bidang RA, MI, MTs, MA, dan MAK.

  • Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren 1 Orang

Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren sebagaimana dimaksud dalam Pasal 141 mempunyai tugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pembinaan, serta pengelolaan data dan informasi di bidang pendidikan diniyah dan pondok pesantren.

  • Seksi Pendidikan Agama Islam 1 Orang

Seksi Pendidikan Islam mempunyai tugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pembinaan, serta pengelolaan data dan informasi di bidang pendidikan madrasah, pendidikan agama Islam, dan pendidikan keagamaan Islam.

  • Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah 1 Orang

Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah mempunyai tugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pembinaan, serta pengelolaan data dan informasi di bidang penyelenggaraan haji dan umrah.

  • Seksi Bimbingan Masyarakat Islam 1 Orang

Seksi Bimbingan Masyarakat Islam mempunyai tugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pembinaan, serta pengelolaan data dan informasi di bidang bimbingan masyarakat Islam.

  • Penyelenggara Syariah 1 Orang

Penyelenggara Syariah mempunyai tugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pembinaan, serta pengelolaan data dan informasi di bidang pembinaan syariah.

  • Penyelenggara Kristen 1 Orang

Penyelenggara Kristen mempunyai tugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pembinaan, serta pengelolaan data dan informasi di bidang bimbingan masyarakat Kristen.

  • Kelompok Jabatan Fungsional.

 

D. Visi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar

Untuk menghadapi perkembangan dan kemajuan zaman yang demikian pesat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar telah mencanangkan visi untuk keberadaannya di masa sekarang dan masa yang akan datang. Kebutuhan akan visi tersebut merupakan sesuatu yang sangat mutlak sebagai pedoman Organisasi/Instansi untuk melangkah ke depan dalam menyikapi perkembangan zaman. Sebagai cara pandang ke depan maka visi harus di rumuskan sedemikian rupa untuk mencapai hasil yang akan di raih oleh Organisasi/Instansi.

Visi yang telah dirumuskan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar adalah :

“Terwujudnya masyarakat Kabupaten Kampar yang taat menjalankan ajaran Agama dan menjadikan Agama sebagai landasan akhlak moral dan etika “

 E. Pernyataan Misi

Pernyataan misi adalah untuk menentukan kearah mana hal yang diinginkan oleh Organisasi terlaksana dengan baik sesuai dengan perkembangan dan tuntunan zaman. Dengan adanya misi di harapkan seluruh aparat serta masyarakat yang berkepentingan dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar dapat memberikan kontribusinya masing-masing demi mewujudkan Misi tersebut.

Adapun Misi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar adalah sebagai berikut :

  1. Mewujudkan aparatur Kementerian Agama Kab. Kampar yang bersih dan berwibawa melalui peningkatan kualitas aparatur, sarana dan prasarana yang memadai.
  2. Meningkatkan pelayanan dalam pencatatan pernikahan pengembangan keluarga sakinah, pembinaan jaminan produk halal, pembinaan ibadah sosial dan kemitraan ummat.
  3. Memberikan pelayanan prima dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah melalui pembinaan manasik haji dan pasca Haji
  4. Meningkatkan pelayanan yang prima pada Madrasah dan pendidikan Islam pada sekolah umum melalui peningkatan SDM, sarana dan prasarana pendidikan sehingga terwujudnya pendidikan agama yang berkualitas.
  5. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pendidikan keagamaan melalui peningkatan fungsi pondok pesantren dan pendidikan kemasyarakatan.
  6. Meningkatkan fungsi masjid/mushalla, TPQ/TPSQ serta penyiaran agama melalui peran serta masyarakat dalam kegiatan keagamaan, hari besar keagamaan, MTQ dan Tamaddun
  7. Menjadi fasilitator, koordinator dan motivator bagi pelaksanaan pengelola zakat propesional dan amanah.
  8. Meningkatkan fungsi dan peran pengelolaan zakat sehingga menjadi propesional dan transparan.
  9. Meningkatkan dan memperkuat peran wakaf dalam rangka pensertifikatan tanah wakaf.