Saniyah, Tukang Sayur Yang Naik Haji

Kampar (Inmas) – Pada musim Haji tahun ini, di Kabupaten Kampar ada seorang Ibu, yang kerjanya jualan sayur bisa naik haji. Nama ibu tersebut adalah Ibu Saniyah Bidin Maate Binti Bidin Maate. Demikian disampaikan Humas Kemenag Kampar Gustika Rahman SPdI, hari jum’at (11/08) diruang kerjanya.
Agus menjelaskan Ibu Saniyah ini tinggal di Jalan Flamboyan RT 002/RW 001, Langgini, Kec. Bangkinang Kota. Umur 75 tahun, berhasil mendapatkan nomor porsi pada tanggal 05 oktober 2010, dengan nomor porsi 0400063547, dan nomor Paspor B6776891.
Ibu Saniyah ini mempunyai 4 orang anak, 1 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Suaminya sudah 5 tahun yang lalu wafat atau meninggal dunia. Sehari-hari beliau bekerja sebagai tukang sayur atau jualan sayur di Pasar Inpres Bangkinang, yang sekarang berubah nama menjadi Plaza Bangkinang, terang Agus.
Dari hasil jualan sayur ini, yang hanya mengumpulkan uang belasan ribu bahkan beberapa ribu saja, Ibu Saniyah ini menabung puluhan tahun hingga akhirnya berhasil mendapatkan nomor porsi haji. Sungguh pengorbanan yang luar biasa, jika niat sudah membaja dihati, tak ada ragu sedikitpun untuk bekorban di jalan Allah, ungkap Agus.
Walaupun puluhan tahun mengumpulkan uang, setelah uang terkumpul, tidak ada sedikitpun merasa rugi uangnya habis hanya untuk menunaikan ibadah haji. Yang ada hanyalah rasa bahagia dan terharu, karena impian selama ini, akhirnnya bisa terwujud pada tahun ini, papar Agus.
Senyuman ibu Saniyah, menjadi pelecut untuk kita yang berkerja mendapatkan gaji puluhan bahkan ratusan ribu perhari, tetapi tidak bisa menabung untuk menunaikan ibadah haji, bahkan kita hanya sibuk dengan hal duniawi saja. Untuk itu, mari kita jadikan kisah nyata Ibu Saniyah ini sebagai motivasi kita, agar pada tahun berikutnya kita bisa menunaikan rukun Islam yang ke lima, Aamiin Ya Robbal ‘alamin, pungkas Agus. (Ags/Usm)

Berita terkait