Amalan Utama Dibulan Ramadhan

Kampar (Inmas) –  Amalan terpenting di bulan Ramadhan adalah berpuasa. Namun selain berpuasa, ada amalan-amalan utama yang harus dilakukan selama Ramadhan agar kita mendapatkan manfaat yang besar di dalam bulan Ramadhan tahun ini. Demikian disampaikan Abuya Nursal MH, saat mengisi santapan Ramadhan, usai sholat fardhu zuhur, hari rabu (15/05/2019) di Mushollah Miftahul ‘Ilmi Kantor Keemnterian Agama Kab. Kampar.

Nursal mengatakan, amalan-amalan yang utama tersebut seperti qiyam Ramadhan (shalat tarawih), membaca al-Qur’an, bershadaqah, umrah, I’tikaf, memburu lailatul qadar, dan memperbanyak dzikir, doa dan istighfar.

Dalam Hadist riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda “Setiap amalan anak Adam akan dilipatgandakan pahalanya, satu kebaikan akan berlipat menjadi 10 kebaikan sampai 700 kali lipat. Allah ‘Azza wa Jalla  berfirman, ‘Kecuali puasa, sungguh dia bagianku dan Aku sendiri yang akan membalasnya, karena (orang yang berpuasa) dia telah meninggalkan syahwatnyadan makannya karena Aku’. Bagi orang yang berpuasa mendapat dua kegembiraan; gembira ketika berbuka puasa dan gembria ketika berjumpa Tuhannya dengan puasanya. Dan sesungguhnya bau tidak sedap mulutnya lebih wangi di sisi Allah dari pada bau minyak kesturi.”

Oleh karena itu, mari kita jadikan momentum bulan suci Ramadhan ini sebagai wadah buat kita untuk meningkatkan amal ibadah, baik ibadah yang wajib maupun ibadah yang sunnah. Dengan harapan, nantinya kita manjadi insan-insan yang muttaqin, pungkas Nursal. (Ags/Usm)

 

Berita terkait