Kakan Kemenag Kampar Buka Acara Dialog Lintas Agama Tingkat Kab. Kampar

Kampar (Inmas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar Drs H Alfian MAg, didampingi Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab. Kampar H Zulhermis SH, membuka secara resmi acara Dialog Lintas Agama tingkat Kab. Kampar tahun 2018, hari kamis (18/10/2018) di Aula mini Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar.

Dalam acara tersebut Alfian mengatakan, saat ini kerukunan umat beragama sudah menjadi isu Nasional, bahkan sudah menjadi perhatian kita bersama. Untuk itu, Pemerintah melalui Kementerian Agama sengaja membuat kegiatan ini dalam rangka meningkatkan peran aktor-aktor kerukunan dalam memelihara umat beragama. Dengan tujuan, agar kerukunan umat beragama ini betul-betul bisa diwujudkan.

Perlu diketahui bahwa kerukunan umat beragama adalah keadaan hubungan sesama umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agama dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pemeliharaan kerukunan umat beragama merupakan upaya bersama umat beragama maupun pemerintah/organisasi di bidang pelayanan, pengaturan, dan pemberdayaan umat beragama. Oleh karena itu, dalam membangun kerukunan umat beragama tersebut tentunya perlu diadakan Dialog Lintas Agama bersama tokoh-tokoh lintas Agama atau Ormas Keagamaan. Untuk itu, mari kita ikuti acara ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga acara ini bisa bermanfaat buat kita semua dan semakin rukun hendaknya, tegas Alfian.

Sementara itu Ketua Panitia  Dialog Lintas Agama Masnur MSy dalam laporannya menyampaikan, bahwasanya kegaiatan ini dilaskanakan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar nomor 253 tahun2018, tanggal 09 oktober 2018, tentang Panitia, Narasumber, Moderator, dan Peserta Kegiatan Dialog Lintas Agama Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar tahun 2018.

Adapun peserta dalam kegiatan ini berjumlah 30 orang, berasal dari Organisasi Masyarakat (Ormas) Keagamaaan. Narasumber pada kegiatan berasal dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar dan dari FKUB Kab. Kampar. Yang mana acara ini dilaksanakan sehari penuh, bertempat di Aula  mini Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar, pungkasnya. (Ags/Usm)

Berita terkait