Kakan Kemenag Kampar : Jika Setiap Penganut Agama, Menjalankan Ajaran Agamanya, Maka Akan Tercipta Kerukunan Ummat Beragama

Kampar (Inmas) – Jika setiap penganut Agama, menjalankan ajaran Agamanya secara baik dan benar, maka akan tercipta kerukunan antar ummat beragama. Demikian salah satu poin yang disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar Drs H Alfian MAg, didampingi Penyelenggara Kristen Muhal Simanungkalit SPAk, saat membuka secara resmi acara Dialog Kerukunan Intern Umat Kristen, tingkat Kab. Kampar tahun 2017, hari senin (02/10) di Hotel Nirvana Bangkinang Kota.

Alfian mengatakan, setiap Agama pasti membawa penganutnya untuk membawa kearah yang baik. Jika ada orang yang tingkahnya tidak baik, itu bukan agamanya tidak baik, tetapi orangnya. Oleh karena itu, mari kita ikuti ajaran Agama kita dengan sebaik-baik, agar kerukunan agama bisa tercipta.

Dalam acara tersebut Alfian juga memberikan materi tentang Konsep Kerukunan Umat Beragama. Yang mana ada tiga unsur Kerukunan Umat Beragama, yakni : Kesediaan untuk menerima adanya perbedaan keyakinan dengan orang maupun kelompok lain. Kesediaan membiarkan orang lain untuk mengamalkan ajaran yang diyakininya dan Kemampuan untuk menerima perbedaan selanjutnya menikmati suasana kekhusyu’an yang dirasakan orang lain sewaktu mereka mengamalkan ajaran agamanya.

Adapun dasar-dasar kerukuna secara teologis: Semua agama mengajarkan damai, kasih, rahmah, menghargai wong liyan. Secara filosofis : Manusia pada dasarnya membutuhkan manusia dalam kehidupan bersama. jika tidak bisa rukun/bekerjasama maka tidak dapat hidup. Kemudian secara praktis : keragaman adalah keniscayaan, potensi gesekan/konflik pasti ada, maka diperlukan rukun, ucap Alfian.

Sementara itu Ketua Panitia Hidayatullah SH dalam laporannya menyampaikan, bahwasanya kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar Nomor: 255 tahun 2017, tentang Panitia, Moderator, dan Peserta kegiatan dialog kerukunan Internal umat Kristen.

Acara ini diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari Penominasi Gereja se-Kabupaten Kampar. Materi pada kegiatan ini meliputi Konsep kerukunan uamt beragama, Membangun kerukunan antar denominasi gereja di Provinsi Riau, dan Indahnya keberagaman dalam kerukunan Intern Agama Kristen. Yang mana acara ini dilaksanakan selama sehari penuh (full day), bertempat di Hotel Nirvana Bangkinang Kota. (Ags/Usm)

 

Berita terkait