Kemenag Kampar Akan Melaksanakan Pembinaan Laporan Keuangan Pada Satker Madrasah

Kampar (Inmas)- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar, Drs. H. Alfian, M.Ag dalam beberapa hari kedepan akan melaksanakan pembinaan keuangan dan kepegawaian pada Satker Madrasah dilingkungan Kantor Kementerian Agama. Pelaksanaan pembinaan keuangan dan kepegawaian pada satker Madrasah tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kampar, Nomor. 436 Tahun 2019, tentang Pengangkatan Tim Pembinaan Keuangan dan Kepegawaian. Demikian dikatakan Alfian kepada Humas Kemenag Kampar, hari ini Jumat (15/11/2019)

Alfian mengatakan dalam rangka peningkatan kualitas dan standar laporan keuangan dan kinerja pegawai pada satker Madrasah perlu kita laksanakan pembinaan dengan turun langsung ke Madrasah. Untuk lebih terarahnya dalam pembinaan ini, diterbitkan dan dikeluarkan Surat Keputusan untuk membentuk tim pelaksana sebagai auditor dalam melakukan verifikasi terhadap kebenaran laporan keuangan yang telah dilaksanakan, dan melakukan verifikasi terhadap ketertiban administrasi terhadap satker Madrasah yang ada dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kampar, ujar Alfian.

Tim pembinaan Laporan Keuangan dan Kinerja Pegawai yang akan melaksanakan pemeriksaan dan verifikasi data laporan keuangan dibagi kepada 4 (empat) tim. Dengan lotus binaan sebanyak 13 satker Madrasah yang ada dibawah Kantor Kementerian Agama Kampar, terutama verifikasi terhadap  laporan keuangan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan belanja modal akun (53). Karena selama ini dalam pemeriksaan oleh tim auditor dari Inspektorat Jenderal (Irjen) Kemenag RI dan BPK RI, selalu ada temuan.

Lebih lanjut Alfian mengatakan untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya kita lakukan pembinaan kepada satker Madrasah untuk menimalisir tingkat kesalahan dalam pemeriksaan dari pihak yang berkompeten. Karena salah satu tujuan pembinaan laporan keuangan ini adalah untuk kesempurnaan laporan keuangan agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan dalam menyampaikan laporan. Semoga kedepan satker Madrasah kita akan lebih baik dan berprestasi dalam membuat dan menyampaikan laporan keuangan, pungkas Alfian. (Ags/Usm/Mjs)

Berita terkait