PPIH Arab Saudi Dampingi Bupati Kampar Dan Kakan Kemenag Kampar Dalam Melaksanakan Pelontaran Jumroh

Kampar (Inmas) – Dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh Jema’ah Haji, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi H Ahmad Fadhli SH, mendampingi langsung Bupati Kampar H catur Sugeng Susanto SH dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar Drs H Alfian MAg, beserta Jema’ah lainnya, dalam melaksanakan pelontaran Jumroh. Hal ini disampaikannya kepada Humas Kemenag Kampar Gustika Rahman SPdi, hari senin subuh (12/08/2019), melalui telpon selulernya.

Fadhli mengatakan,  Melempar jumroh adalah salah satu wajib haji yang dilaksanakan oleh para jamaah haji. Tiga tugu yang terletak di Mina senantiasa dilempari dengan batu kerikil oleh jutaan jamaah haji.

Melempar jumroh ini adalah simbol perlawanan terhadap setan. Perlawanan harus dilakukan terhadap setan karena mereka selalu berupaya untuk menyesatkan manusia dari jalan kebenaran dan menjauhkan dari jalan Allah SWT.

Kisah melempar jumroh ini terjadi sekitar 4.000 tahun yang lalu, tepatnya pada 1870 SM, ketika Nabi Ibrahim AS bermaksud menyembelih putranya Nabi Ismail AS. Ketika Ibrahim bermaksud menyembelih Ismail untuk melaksanakan perintah Allah SWT, tiba-tiba datanglah setan menghampiri. Setan bermaksud menggoda Ibrahim agar menghentikan niatnya untuk menyembelih Ismail. Namun dengan penuh keyakinan, dan ketaqwaan terhadap Allah SWT, Ibrahim tetap melaksanakan perintah itu.

Ibrahim tahu kalau tujuan setan atau iblis pada hakikatnya untuk mengajaknya melanggar perintah Allah. Karena itu, Ibrahim kemudian mengambil tujuh batu kerikil dan melemparnya ke setan. Inilah yang disebut Jumroh Ula.

Tak berhasil mempengaruhi Ibrahim, setan lalu membujuk Hajar, istri Ibrahim. Setan mempengaruhi Hajar jika sebagai seorang ibu pasti tak akan sampai hati mengetahui buah hatinya dikorbankan. Tapi Hajar menolak dan melempari setan dengan batu kerikil. Lokasi pelemparan Hajar itu kemudian dijadikan tempat melempar Jumroh Wustha, pungkas Fadhli. (Ags/Usm/Mjs)

Berita terkait