Puluhan Pegawai Kemenag Kampar Kampar Ikuti Pelatihan Pembuatan SK

Kampar (Inmas) – Puluhan Pegawai dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar Ikuti pelatihan pembuatan Surat Keputusan (SK) yang ditaja oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, hari selasa (13/03/2018) di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar Drs H Alfian MAg, melalui Humas Kemenag Kampar Gustika Rahman SPdI.

Agus mengatakan, pelatihan pembuatan SK ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pengetahun kepada seluruh Pegawai, agar dalam pembuatan SK ini tidak ada lagi keasalahan-kesalahan yang berarti dan bisa berjalan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku, serta sesuai dengan apa yang kita harapkan.

SK ini merupakan surat yang berisi suatu keputusan yang dibuat oleh pimpinan suatu organisasi atau lembaga pemerintahan berkaitan dengan kebijakan organisasi atau lembaga tersebut yang mengikat secara hukum bagi subjek-subjek hukum terkait yang bersifat individual dan konkret atau berisi penetapan administrative, jelas Agus.

Karena bersipat mengatur maka tata cara penyusunan SK ini harus dibuat dengan benar dan bertanggungjawab, agar fungsi Surat Keputusan dapat berjalan sesuai dengan aturan perundang- undangan yang berlaku. Dengan demikian bilamana SK bertentangan dengan aturan perundangan yang berlaku maka demi hukum SK tidak sah dan batal, terang Agus.

Dalam penyusunan Surat Keputusan harus dipahami bagian pokok dan fungsinya. Adapun bagian pokok Surat Keputusan (SK) adalah : 1. Kepala Surat 2. Pertimbangan Keputusan (Konsideran) 3. Isi Surat Keputusan (Desideratum) 4. Bagian Surat Keputusan (Diktum) 5. Penutup, pungkas Agsu. (Ags/USm)

Berita terkait