Sambut Tahun Baru Islam, Pemda Kampar Gelar Tabligh Akbar Bersama Tengku Zulkarnain

Kampar (Inmas) – Dalam rangka menyambut tahun baru Islam, Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar menggelar acara tabligh akbar bersama Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat KH Dr Tengku Zulkarnain, dari Jakarta, hari kamis malam  (Ba’da Magrib), (20/09/2019) di Masjid Jami’ Al-Ihsan Markaz Islamy Kab. Kampar.

Dalam acara tersebut Abuya Tengku Zulkarnain menyampaikan tentang momentum untuk memperkuat ukhuwah. Ketika Rasulullah SAW berhijrah ke Madinah, ada dua pilar yang Beliau bangun. Pertama, memperkuat akidah Islam. Kedua, memperkuat ukhuwah Islamiyah (persaudaraan Islam) antara kaum Muhajirin (orang-orang Makkah yang berhijrah ke Madinah) dan kaum Anshar (orang-orang Madinah yang menjadi tuan rumah).

Hal itu menunjukkan bahwa ukhuwah Islamiyah merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan Islam, selain membangun akidah Islam,”. Ada tiga hal yang penting diperhatikan untuk menguatkan ukhuwah Islamiyah. Pertama, kata Kiai Didin, harus diingat, yang namanya persatuan kampung, ormas, parpol, lembaga dan sebagainya, semuanya hanya alat, bukan tujuan.  Adapun tujuan umat Islam satu, yakni memperkuat akidah Islam. “Jadi, jangan kita ribut gara-gara alat, sehingga melalaikan kita dari tujuan kita yang sebenarnya,”.

Kedua, mengembangkan  budaya silaturahim. “Silaturahim ini harus kita kembangkan terus. Baik silaturahim melalui tatap muka langsung, maupun  dengan menggunakan teknologi seperti hand phone/gadget dan sebagainya. Yang penting, tersambung ikatan batin,”. Ketiga, yang tak kalah pentingnya adalah tabayyun. Yakni, melakukan chek and recheck. “Kalau mendapatkan suatu berita tentang seseorang atau sekelompok orang, hendaknya kita cek dulu kebenaran berita tersebut,” jangan sampai di telan mentah-mentah, tegas Zulkarnain. (Ags/Usm)

Berita terkait