Tentukan 1 Ramadhan, Penyelenggara Syari’ah Kemenag Kampar Ikuti Kegiatan Hisab Rukyat Di Pekanbaru

Kampar (Inmas) – Dalam rangka mennetunkan 1 Ramadhan 1440 H/ 2019 M, Penyelenggara Syari’ah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar Drs H Muhammad Yamin didampingi Hendri Meyeldi MSy, mengikuti kegiatan Hisab Rukyat di Pekanbaru, beberapa hari yang lalu (tanggal 07 s/d 09 april 2019).

Acara tersebut ditaja Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau  dan diikuti oleh seluruh Penyelenggara Syari’ah, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), dan Penghulu se-Provinsi Riau. Yang mana acara tersebut  dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Drs H Mahyuddin MA.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, Yamin menyampaikan, bahwasanya Bumi Allah 360° berputar pada porosnya 24 jam tidak pernah berubah. Revolusi yang dibutuhkan juga 1 tahun 365  + 1/4 hari, Tepatnya. Maka setiap 4 Tahun sekali ada tahun kabisat. Antara qamariah dan syamsiyah selisihnya 11 hari.

Sedang pada tahun kabisat selisihnya 12 hari. Di tahun qamariah ini perhitungannya berdasarkan peredaran bulan mengelilingi bumi. Maka dari 365 hari untuk tahun qamariah sedangkan untuk tahun syamsiah 365 hari. Alasan dibulatkan, karena tidak bisa disebut ¼ hari. Pada tahun kabisat nanti yang jumlah harinya 366, pungkas Yamin. (Ags/Usm)

Berita terkait